Friday, October 20, 2006

Dari Milis Zafira


Artikel dari milis zafira@yahoogroups.com

Hi..Ninja dan rekan2 Zafiers lainnya,

Terdorong oleh rasa ingin menyumbang saran, kalo boleh saya bantu menjawab pertanyaan 2 anda :


1.Harga semua mobil saat ini terjun bebas, apalagi yang cc nya gede, mitsubisahi galant th 2000, harga baru(pd saat itu) 390 jt, sekarang 125 jt, Honda Accord th 98 ( bekas ) pd th 2000 harganya 275 juta sekarang 120jt, Suzuki Escudo 2,0 th 2001 wkt barunya 186 jt, sekarang 95 jt an. Yang penting kalo beli seken, harga jualnya stabil, kayak mobilnya hehhhee


2.Harga spare parts relatif, kalo dibanding dengan Suzuki Escudo 2,0 beberapa parts malah lebih murah, misal kampas rem escudo sepasang 730 rb, Zafi sekitar 600an rb, (saya ganti setelah 60.000 km) Kalo dibanding Kijang,tentu Parts Kijang lebih murah tapi daya pakenya mungkin lbh pendek.Filter oli kalo gak salah sekitar 20 rb an.


3.Mobil2 baru umumnya sudah menerapkan pemakaian komputer (ECU) mau gak mau harus berhubungan dg bengkel resmi karena tidak bisa lagi di utak atik secara manual, juga mobil yg sudah pake injection & cdi penyetelannya sudah menggunakan komputer tidak lagi manual.


4.Perawatan Zafira selama saya pakai ( 4 thn/km 60.000 ) tidak banyak masalah, hanya ganti oli mesin rutin setiap 5000km di bkl resmi dan diset menggunakan tech2 (krn, kalo sdh saatnya ganti oli mesin lampu indikator nyala, dan mesti direset serta disetting ulang), rasanya tidak perlu melakukan perawatan2 khusus seperti yang diperkirakan.
5. Ac bahkan sangat dingin karena menggunakan sistem double pendingin(bukan double blower) untuk belakang dan untuk depan


6.Kalo masalah pembeli saya yakin banyak peminat karena modelnya cantik tidak gampang ketinggalan jaman, mobilnya kompak tapi interiornya lega, muatnya banyak kayak kijang, bensinnya irit, sangat nyaman dikendarai, bantingannya lembut, di polisi tidur gak berasa, kayak naik sedan klas atas ( BMW/Merci) hehehhe bukan promosi loh, cuman pengalaman aja hehhehe


7.Sampai saat ini saya belum pernah ganti sp parts fast moving sampai2 indent dulu, gak tahu kalo yang slow moving. Rasanya sih dengan dukungan GM Indonesia hal itu belum akan terjadi.


Demikian komen saya, mohon maaf kalo ada yang kurang pas jawabannya, tapi itu semua berdasarkan pengalaman memakai Zafira CD manual sejak th 2002 ( ganti kampas sekali, ganti timing belt sekali, ganti busi sekali, ganti oli filter setiap 5000 km, tutup busi sekali)
Semoga segera dapat Zafir yang mulus lagi murah...hehhehhe selamat berburu.


Salam,
William (baw1ll8182@yahoo.com)



----- Original Message ----
From: Ninja 97 <ninja_nt7@yahoo.com>
To: zafira@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, October 18, 2006 3:14:10 PM
Subject: Zafira: Nasib masa depan zafira/chevrolet

Halo semua,

Saya bergabung dengan milis ini krn tertarik dengan mobil zafira dan ada kemungkinan mau membeli secondnya.

Dari hasil melihat2 archive, saya bisa simpulkan:
- Harga zafira terjun bebas, kalau dijual kembali.
- Harga perawatan dan spare-part zafira mahal. (ga tau bila dibanding
mobil lain, maklum saya belum pernah punya mobil..hehe)
- Zafira harus diservis di bengkel resmi, krn tdk sembarang bengkel bisa, dan spare part tidak ada yg menjual selain bengkel resmi.
- Jumlah bengkel resmi sedikit sekali. Kalau dikurangin dengan bengkel
resmi yg kurang baik, dihitung2 bengkel resmi yg baik itu sepertinya langka banget. :)
- Perawatan zafira harus ekstra hati2 dan teliti. krn mobilnya cukup ruwet n kompleks. saking canggihnya :)

Tapi, melihat harga secondnya yg cukup menggiurkan, masih kepengen gitu loh. Kalo boleh tanya, ada beberapa hal yg sangat mengganggu pikiran :)

- Apakah zafira matic bisa parkir paralel? Apa kuncinya bisa dicabut kalo gigi dlm posisi N?
- Saya liat file klinik zafira. katanya spooring hrs hati2, krn ada Contact Unit deket roda yg bisa putus. kalo gitu, spooring saja, harus di bengkel resmi donk? sepertinya segala sesuatu harus dilakukan di bengkel resmi. kalo kepepet gimana nih? :)
- apakah AC-nya memang kurang dingin untuk cuaca panas jakarta di siang hari?
- harga jual kembali sudah pasti jatuh, tapi yg menjadi masalah, bukan harga jual, tapi apakah masih ada orang yg mau beli? katakan umur mobil sdh hampir 10 taun :)
- GM kayanya lagi kritis. sudah mau bangkrut kalo ga bisa bangkit. bagaimana nasibnya nih kalo GM sampe bangkrut? bagaimana dengan sparepartnya? dan spare part hanya ada di bengkel resmi?
- Kalopun GM ga bangkrut, tapi kayanya Indonesia adl prioritas kesekian dari GM. apalagi pabriknya disini sdh ditutup. bagaimana dengan nasib pemilik chevrolet disini? bengkelnya saja kayanya sedikit sekali.
- Apakah sparepart zafira yg fast moving dan non fast moving harus inden? kalo inden, berapa lama biasanya?

Mohon maaf, atas pertanyaannya yg segudang. Saya bukannya mau menjelekkan/ menjatuhkan zafira, tapi butuh pandangan jujur dr komunitas zafira tentang hal2 ini. memang, kalo saya ragu, lalu orang bilang, ya sudah ga usah pake zafira. tapi, siapa tahu kalo dana sdh cukup dan ketemu zafira second yg bagus, saya ada jodoh.

Terima kasih ya.

eddy (ninja_nt7@yahoo.com)

1 Comments:

Blogger aa said...

hi salam kenal,

+/- 2 bulan kami beli second mobil zafira, tapi sudah banyak masalah yang kami hadapi sepertinya sudah lebih 5x keluar masuk bengkel untuk cek sana sini. yang paling menggangun kami ada lah masalah pada sering munculnya indikator di speedo meternya awalnya hilang karena direset di bengkel. Tapi untuk yang tadanya mobil dan kunci tidak hilang2 kemudian indikator sperti jalan berkelok, lalu ada juga semua lampu di perseneling nyala semua dan mobil tidak bs lari kencang seperti gigi satu terus (kalau di manual) Apakah anda bisa menjelaskan ke kami? atau ada prosedur dari kami yang kurang dilakukan sehingga muncul tanda seperti itu? canggih tapi cukup ringkih tidak seperti mobil lainnya.

5:37 PM  

Post a Comment

<< Home